nusakini.com--Kementerian Agama akan kembali menggelar Annual International Conference Islamic Studies (AICIS). Gelaran tahun ini adalah yang ke XVI dan akan diselenggarakan di Lampung, 1 - 4 November mendatang. 

"Persiapan sudah siap, semoga berjalan dengan baik," kata Direktur Pendidikan Tinggi Islam Amsal Bakhtiar, Rabu (26/10). AICIS 2016 akan mengangkat tema The Contribution Of Indonesian Islam To The World Civilization. 

Berdasarkan hasil penilaian Tim Reviewer Paper AICIS tahun 2016 terhadap 1.345 submitted papers yang diterima oleh panitia melalui sistem web online maupun surat elektronik, sebanyak 350 makalah diterima (accepted papers) untuk dipublikasikan dalam The 16th AICIS Proceeding dan dipresentasikan dalam forum ilmiah AICIS. 

Ratusan makalah itu terbagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah pemakalah terpilih (selected presenters) yang akan diundang untuk mengikuti kegiatan AICIS 2016 dan wajib mempresentasikan papernya dalam forum parallel session atas biaya Panitia. Biaya tersebut meliputi transportasi domestik dan akomodasi selama kegiatan.

Kategori kedua, pemakalah mandiri yang diundang atas biaya lembaga dan/atau pribadi untuk mengikuti kegiatan AICIS 2016 dan dapat mempresentasikan papernya dalam forum parallel session (optional).

Kasubdit Pengembangan Akademik DIktis, M. Zain mengingatkan panitia agar menjamin semua paper yang lulus seleksi otentik dan terhindar dari plagiasi. Senada dengan M Zain, Sterring Committe AICIS 2016, Amany Lubis, mengatakan bahwa paper yang sudah diterima menjadi tanggung jawab panitia untuk menelaah kembali mulai dari judul dan isinya. 

Ditambahkan M. Zain, penyelenggaraan AICIS bertujuan memperkuat intellectual networking antara para dosen dan peneliti dengan tokoh-tokoh dunia sesuai dengan ilmu yang ditekuninya. Karenanya, AICIS 2016 akan menghadirkan pemateri dari dalam negeri dan luar negeri. 

Nama-nama yang dijadwalkan hadir antara lain: Prof. Dr. Monchef Ben Abdel Jelil (University de Saosa Tunisia), Prof. Dr. Sumanto Al-Qurtubi (King Fahd University of Petroleum and Minerals, Saudi Arabia), Dr. Annabel Teh Gallop (British Library), Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud (ISTAC Malaysia), dan Prof. Bhajan Grewal (Victoria University). 

Selain itu, dijadwalkan hadir juga Dr. Minako Sakai (UNSW), Prof. Tomas Lindgren (Umea University, Sweden), Dr. Kevin W. Fogg (Oxford University), Habiburrahman el-Shirozi (Indonesian Novelist/Humanist), Dr. Muhammad Hadi bin Muhammad Melayong (Brunei Darussalam), Prof. Magdy Behman (Estern Mennonite University, USA), Dr. Minako Sakai (University of New South Wales, Australia), dan Prof. Dr. David Carter (University of Canberra, Australia). (p/ab)